Muharram Dan Satu Suro

7 Dec 2010

Muharram,bulan di mana Nabi Muhammad berusaha untuk menggembangkan islam dengan berhijrah.dan hasilnya untuk indonesia adalah di akuinya negara kita sebagai bangsa dengan penduduk beragama islam terbanyak di dunia.

Hal yang tak mudah untuk membangun masyarakat agar menghasil kebangaan di atas , di jaman Rosulullah banyak para sahabat yang mati dalam keadaan syahid saat perang melawan kaum quraisy.

Di bulan yang penuh berkah ini patut di banggakan ketika islam menemukan jalan keluar yang tak menimbulkan masalah. dengan damai nabi dan para sahabat bahu membahu membangun islam dengan penduduk negeri yatsrib yang mempunyai sikap tolerasi yang tinggi .

Sungguh kota yatsrib yang di barokahi Allah hingga sekarang di sebut kota madinatul munawaroh.teladan yang harus kita kenang sampai kita kembali pada-Nya.

Lalu apa hubungan dengan tradisi satu suro? satu suro adalah bahasa jawa dari satu muharram. banyak tradisi jawa yang di lakukan pada hari ini, malam satu suro dua keraton mataraman melakukan syukuran.berbagai hasil bumi di buat seperti gunung akan di bagikan kepada masyarakat.

Prilaku seperti di atas merupakan kearifan lokal yang masih berprinsip pada agama islam.meramaikan tahun baru islam kadang harus dengan cara-cara yang kadang ada yang tidak logis.

Semakin tidak logis bila Ummat Islam justru meramaikan tahun baru masehi yang tidak ada makna yang terkadungan dalam agama islam.namun syukur masih ada tunas muda islam yang berpawai untuk menyemarakan tahun baru hijriyah salah satunya yang dilakukan siswa di kabupaten gresik.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post