produk-produk islami dari gresik

29 Jun 2011

Rebana dari Gresik ( Terbang Teko Nggresik )

rebana

rebana merupakan alat musik yang digunakan dalam setiap acara musik yang bernuasa islam. Rebana yang disebut juga terbang sering di gunakan untuk mengiringi shalawat, barzanji atau juga diba’an.

Bila anda ingin mencari alat musik islami ini silakan berkunjung di tempat pembuatannya yang terpusat di kecamatan bungah, sebelah utara dari pusat kota gresik.Setidaknya ada 40 perajin rebana dan setiap perajin memiliki 5-13 pekerja. Alat musik itu dipasarkan ke Aceh, Kalimantan, Brunei, dan Malaysia.

Harga satu set rebana untuk albanjari buatannya Rp 1,5 juta-Rp 2 juta per set lengkap. Satu set rebana untuk hadrah Rp 880.000, satu set rebana untuk kasidah Rp 650.000, satu set rebana untuk marawis Rp 650.000, sedangkan satu set rebana untuk campursari Rp 2 juta.

Songkok Dari Gresik ( Kopyah Teko Gresik )

150px-soekarno

Songkok merupakan pelidung kepala saat melaksanakan ibadah dalam islam, songkok yang juga di sebut kopyah di gunakan untuk sholat,dzikir dan ketika undangan.

Bila anda ingin mencari sarana penutup islami ini silakan berkunjung di tempat pembuatannya yang tersebar dari kecamatan gresik , manyar hingga bungah .Setidaknya ada ada banyak perajin songkok dan setiap perajin memiliki banyak mitra pekerja. contoh pengusaha yang sukses dengan bisnis songkok dari gresik ada Hj.Anwar yang mempunyai kantor di JL.KH Kholil kroman kecamatan gresik.

songok hitam buat gresik ini dilepas seharga Rp 55.000 per kodi atau 20 buah. Sedangkan untuk kualitas yang baik dihargai senilai Rp 210.000 per kodi.

pemasaran songkok Gresik selain di kota-kota Pulau Jawa, juga merambah kawasan Nusatenggara Barat dan Kalimantan.

Sarung Tenun Dari Gresik

dscn0420

sarung merupakan pakaian yang bernuasa islam yang di pakai dalam ibadah seperti sholat dan kegiataan keislaman lain.di gresik juga ada yang memproduksinya dari skala rumah sampai skala industri besar.

Bila ada ingin mendapatkan sarung yang di buat di gresik maka ada dapat mencarinya dari gresik kota sampai kecamatan benjeng sebelah selatan kabupaten gresik.

kualitas sarung tenun buatan warga kabupaten gresik sangat berkualitas terbukti dari sering- negara lain seperti Timur Tengah, Brunei, dan Malaysia

Harga sarung dari jenis sutera kualitas ekspor termahal Rp6 juta setiap kodinya dan termurah Rp3 juta.

Usaha Karena Kultur Budaya di Kabupaten Gresik semoga tak hilang di terjang produk impor maupun hilang di tinggal oleh masyarakatnya. maka ada anak -anak keatif blogger Gresik yang memilik selogan menghargai produk dalam kabupatennya ” Ojok Ngaku Wong Nggresik Nak Gak Ngawe sarung Karo Kopyak ” kalau di Bahasa Indonesiakan ” Jangan mengaku orang gresik kalau tidak pakai sarung sama songkok “


TAGS GresikKu songkok Kopyah Sarung Tenun Rebana Terbang Seni Islam Budaya Islam Indonesia Produksi Gresik Bungah Manyar Cerme Benjeng


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post